Pilih Mana, Menggunakan Tangan atau Pompa ASI Terbaik?


Memberikan ASI adalah cara terbaik untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Selain menyusui secara langsung, setidaknya ada dua cara lain yang bisa Ibu lakukan, yaitu dengan cara memerah ASI dengan pijatan tangan dan menggunakan pompa ASI. Lalu, bagaimana tahapan menggunakan pompa ASI terbaik?

Memerah ASI dengan menggunakan tangan
Cara ini memang relatif tidak mudah, apalagi bagi Ibu yang baru melahirkan dan pertama kali mencobanya. Namun, bila sudah terbiasa dan tahu cara yang tepat, setiap Ibu pasti dapat melakukannya dan bahkan mampu merasakan sendiri bila aliran susu yang keluar sudah cukup bagi pemenuhan kebutuhan bayi. Cara memompa ASI dengan tangan tak membutuhkan alat, sehingga cukup dengan cara memijat payudara dengan lembut hingga ASI keluar.

Memerah ASI dengan menggunakan pompa ASI
Saat ini pompa ASI pun terdiri dari dua jenis, yaitu manual dan elektrik. Adapun pompa ASI terbaik mana yang menjadi pilihan Ibu, sangat tergantung pada frekuensi penggunaan serta kebutuhan. Pompa ASI jenis manual masih membutuhkan tenaga pijatan tangan secara manual pada alat pompa ASI, sehingga kekurangannya adalah Ibu bisa jadi merasa capek saat menggunakannya. Sedangkan pompa ASI elektrik lebih praktis, karena cukup menekan tombol ON maka alat akan bergerak otomatis memerah ASI dari payudara. Hanya saja banyak yang menyatakan pompa ASI manual bisa lebih mengontrol gerakan hingga menyerupai hisapan mulut bayi, bila dibanding dengan gerak hisap pompa ASI elektrik yang bergerak secara otomatis.

Baca juga : Tips Menggunakan Pompa ASI Terbaik Secara Manual

Dari pilihan-pilihan tersebut, tentu tak salah bila Ibu memilih pompa ASI terbaik sesuai kebutuhan atau bahkan cukup menggunakan tangan untuk memerahnya. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan dengan berbagai alasan yang mendasarinya.

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Jenis Lead Management Software Terbaik

Pemandangan Alam yang Eksotis di Pulau Tidung