Oleh Oleh Khas Pekanbaru untuk Buah Tangan


Pekanbaru Riau dikenal dengan beragam kulinernya yang khas. Namun, Riau tak hanya memiliki banyak makanan atau kuliner khas tetapi juga memiliki batik khas. Batik memang lebih identik dengan daerah-daerah di Jawa seperti Solo, Pekalongan dan Yogyakarta. Namun, Riau juga memiliki kerajinan batik yang serupa dengan kerajinan batik yang ada di Pulau Jawa. Bagi Anda yang suka mengoleksi kerajinan batik, batik oleh oleh khas Pekanbaru Riau adalah salah satu buah tangan yang perlu dibawa pulang setelah berkunjung ke Riau.

Batik Khas Pekanbaru
Kerajinan kain batik Tabir Riau merupakan kerajinan batik khas dari Riau. Sebagai daerah yang mendapat pengaruh besar dari kebudayaan Melayu, batik Riau pun mendapatkan pengaruh dengan motif-motif khas Melayu. Batik Tabir Riau memiliki motif yang khas dan umumnya motif tersebut berasal dari tumbuh-tumbuhan. Beberapa motif yang dapat ditemukan pada batik Riau adalah bunga kesumba, bunga jambu air dan bunga kiambang. Batik Tabir Riau juga memiliki ciri khas berupa tabirnya yang bergaris-garis  atau vertikal maupun menyimpang atau diagonal. Batik Tabir Riau tidak boleh memiliki tabir yang melintang atau horizontal karena mengandung filosofi kehidupan. Ibarat garis horisontal yang mendatar, saat jatuh tidak akan mampu bangun lagi. Sebaliknya, garis diagonal atau garis vertikal pada batik Tabir Riau dipercaya dapat membawa keberuntungan. Batik Tabir Riau juga memiliki warna yang menarik karena menggunakan warna-warna yang cerah seperti merah, biru, dan kuning. Batik Tabir Riau yang dapat dipakai oleh pria maupun wanita ini dibanderol dengan harga yang variatif mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Selain makanan, batik adalah oleh oleh khas Pekanbaru yang dapat dijadikan buah tangan.

Batik Tabir Riau sebagai oleh oleh khas Pekanbaru dapat ditemukan dengan mudah di galeri batik yang ada di Pekanbaru. Tak sulit untuk menemukan galeri batik tersebut, tetapi akan lebih baik jika Anda berkunjung dengan membawa mobil pribadi seperti Daihatsu sehingga dapat membawa serta keluarga Anda untuk berbelanja oleh-oleh.

Comments

Popular posts from this blog

Memilih Jenis Lead Management Software Terbaik

Pilih Mana, Menggunakan Tangan atau Pompa ASI Terbaik?

Memilih Parfum Mobil Agar Nyaman Berkendara